Oleh,
Tarawih Pertamaكَانَ ذَلِكَ (التَّرَاوِيْحُ) فِي السَّنَةِ الثَّانِيَةِ حِينَ بَقِيَ مِنْ رَمَضَانَ سَبْعُ لَيَالٍ لَكِنْ صَلَّاهَا مُتَفَرِّقَةً لَيْلَةَ الثَّالِثِ وَالْعِشْرِينَ وَالْخَامِسَةِ وَالسَّابِعَةِ ثُمَّ انْتَظَرُوْهُ فَلَمْ يَخْرُجْ وَقَالَ خَشِيْتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ فَتَعْجِزُوْا عَنْهَا
“Keberadaan Tarawih dilakukan pada tahun kedua (Hijriyyah) ketika Ramadlan tersisa 7 malam, tetapi beliau (Nabi Muhammad) melakukannya (di masjid) secara terpisah, yaitu pada malam ke-23, 25 dan 27, kemudian para sahabat menanti beliau, tetapi beliau tidak keluar (ke masjid). (Besoknya) beliau berkata “Saya hawatir Tarawih diwajibkan bagi kalian, lalu kalian tidak mampu melakukannya”.[1]
عَنْ عُرْوَةَ أَنَّ عَائِشَةَ أَخْبَرَتْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ﷺ خَرَجَ ذَاتَ لَيْلَةٍ مِنْ جَوْفِ اللَّيْلِ فَصَلّٰى فِي الْمَسْجِدِ فَصَلّٰى رِجَالٌ بِصَلَاتِهِ فَأَصْبَحَ النَّاسُ فَتَحَدَّثُوا فَاجْتَمَعَ أَكْثَرُ مِنْهُمْ فَصَلَّوْا مَعَهُ فَأَصْبَحَ النَّاسُ فَتَحَدَّثُوا فَكَثُرَ أَهْلُ الْمَسْجِدِ مِنْ اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ فَخَرَجَ رَسُولُ اللهِ ﷺ فَصَلَّوْا بِصَلَاتِهِ فَلَمَّا كَانَتْ اللَّيْلَةُ الرَّابِعَةُ عَجَزَ الْمَسْجِدُ عَنْ أَهْلِهِ حَتّٰى خَرَجَ لِصَلَاةِ الصُّبْحِ فَلَمَّا قَضَى الْفَجْرَ أَقْبَلَ عَلَى النَّاسِ فَتَشَهَّدَ ثُمَّ قَالَ أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّهُ لَمْ يَخْفَ عَلَيَّ مَكَانُكُمْ لَكِنِّيْ خَشِيْتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ فَتَعْجِزُوْا عَنْهَا
“Dari Urwah, sesungguhnya Aisyah mengabarkan kepadanya, sesungguhnya Rasulullah e keluar pada suatu malam dari pertengahan malam, lalu melakukan shalat di masjid, kemudian ada seorang lelaki yang shalat bersama (menjadi makmum) Nabi. Pada pagi harinya, para sahabat membicarakannya, lalu banyak yang berkumpul untuk shalat bersama beliau. Pada pagi harinya, para sahabat membicarakannya, lalu pada malam ketiga banyak sekali jamaah masjid tersebut, kemudian Nabi keluar dan mereka shalat bersama (menjadi makmum) Nabi. Pada malam ke-4, masjid tidak mampu menampung jamaahnya sampai Nabi keluar untuk shalat shubuh. Setelah selelasi shalat shubuh, Nabi berkata “Saya tidak menghawatirkan tempat kalian, tetapi saya hawatir shalat tarawih diwajibkan bagi kalian, lalu kalian tidak mampu (berat) melakukannya”.[2]
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ﷺ كَانَ يُرَغِّبُ فِي قِيَامِ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَأْمُرَ بِعَزِيْمَةٍ فَيَقُوْلُ مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ قَالَ ابْنُ شِهَابٍ فَتُوُفِّيَ رَسُوْلُ اللهِ ﷺ وَالْأَمْرُ عَلَى ذٰلِكَ ثُمَّ كَانَ الْأَمْرُ عَلَى ذٰلِكَ فِي خِلَافَةِ أَبِيْ بَكْرٍ وَصَدْرًا مِنْ خِلَافَةِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ
“Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah e sangat menyukai shalat Tarawih, tetapi anjurannya tidak mengharuskan, lalu beliu berkata “Barangsiapa bertarawih dengan iman dan karena ridla Allah, maka dosanya yang telah lalu diampuni”. Ibnu Syihab berkata “Sampai Rasulullah wafat, begitulah keadaan Tarawih. Dan begitulah keadaan Tarawih pada khilafah Abu Bakar dan pada permulaan khilafah Umar bin Khatthab”.[3]
عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَبْدٍ الْقَارِيِّ أَنَّهُ قَالَ خَرَجْتُ مَعَ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ t لَيْلَةً فِي رَمَضَانَ إِلَى الْمَسْجِدِ فَإِذَا النَّاسُ أَوْزَاعٌ مُتَفَرِّقُوْنَ يُصَلِّي الرَّجُلُ لِنَفْسِهِ وَيُصَلِّي الرَّجُلُ فَيُصَلِّي بِصَلاَتِهِ الرَّهْطُ، فَقَالَ عُمَرُ إِنِّيْ أَرَى لَوْ جَمَعْتُ هَؤُلاَءِ عَلَى قَارِئٍ وَاحِدٍ لَكَانَ أَمْثَلَ ثُمَّ عَزَمَ فَجَمَعَهُمْ عَلَى أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ ثُمَّ خَرَجْتُ مَعَهُ لَيْلَةً أُخْرَى وَالنَّاسُ يُصَلُّوْنَ بِصَلاَةِ قَارِئِهِمْ قَالَ عُمَرُ نِعْمَ الْبِدْعَةُ هَذِهِ.
“Dari Abdurrahman bin Abd al-Qari, sesungguhnya dia mengatakan: “Saya keluar bersama Umar bin Khatthab t pada suatu malam di bulan Ramadhan ke sebuah masjid, ternyata manusia berkelompok sendiri-sendiri. Seseorang melakukan shalat masing-masing lalu ada kelompok lain yang bergabung. Kemudian sahabat Umar berkata: “Sesungguhnya saya berkeyakinan seandainya saya mengumpulkan mereka pada satu orang yang ahli membaca Al Quran maka pasti itu lebih bagus”. Lalu beliau berkehendak dan mengumpulkan mereka pada Ubay bin Ka’ab. Setelah itu saya keluar bersamanya pada malam yang lain, ternyata manusia melaksanakan shalat dengan orang yang ahli membaca Al Quran. Sahabat Umar berkata: “ini adalah Bid’ah terbaik”.[4]
Rakaat Tarawih Menurut Para Sahabat Nabi e
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ﷺ كَانَ يُصَلِّيْ فِيْ رَمَضَانَ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً وَالْوِتْرَ.
“Dari Ibnu Abbas, sesungguhnya Rasulullah e bertarawih sebanyak 20 rakaat dan shalat Witir”.[5]
أَنَّ يَزِيْدَ بْنِ رَوْمَانَ قَالَ كَانَ النَّاسُ يَقُوْمُوْنَ فِيْ زَمَانِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ فِيْ رَمَضَانَ بِثَلَاثٍ وَعِشْرِيْنَ رَكْعَةً
“Sesungguhnya Yazid bin Rauman berkata: “Umat Islam pada masa Umar bin Khatthab bertarawih dengan 23 rakaat (beserta witir)”.[6]
عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ قَالَ: كُنَّا نَقُوْمُ فِيْ زَمَانِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ بِعِشْرِيْنَ رَكْعَةً وَالْوِتْرِ.
“Dari Sa’ib bin Yazid, dia berkata: “Kami melakukan shalat (Tarawih) pada zaman Umar bin Khatthab dengan dua puluh rakaat dan witir”.[7]
وَأَكْثَرُ أَهْلِ الْعِلْمِ عَلَى مَا رُوِيَ عَنْ عُمَرَ وَعَلِيٍّ وَغَيْرِهِمَا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ ﷺ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً
“Kebanyakan para ulama berpedoman pada apa yang diriwayatkan dari Umar bin Khatthab, Ali bin Abi Thalib dan sahabat-sahabat Nabi selain mereka berdua, bahwa jumlah rakaat Tarawih adalah 20 rakaat”.[8]
عَنْ أَبِى الْحَسْنَاءِ أَنَّ عَلِيًّا أَمَرَ رَجُلًا يُصَلِّيْ بِهِمْ فِيْ رَمَضَانَ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً.
“Dari Abi Chasna’, sesungguhnya sahabat Ali bin Abi Thalib memerintahkan seseorang agar shalat dengan orang lain pada bulan Ramadlan (bertarawih) sebanyak 20 rakaat”.[9]
عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيْدٍ أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ أَمَرَ رَجُلًا يُصَلِّيْ بِهِمْ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً.
“Dari Yahya bin Sa’id, sesungguhnya sahabat Umar bin Khatthab memerintahkan seseorang agar shalat dengan orang lain pada bulan Ramadlan (bertarawih) sebanyak 20 rakaat”.[10]
عَنْ عُمَرَ قَالَ كَانَ ابْنُ أَبِيْ مَلِيْكَةَ يُصَلِّى بِنَا فِيْ رَمَضَانَ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً
“Dari Umar, dia berkata “Ibnu Abi Malikah shalat bersamaku pada bulan Ramadlan (bertarawih) sebanyak 20 rakaat”.[11]
عَنْ حَسَنِ عَبْدِ الْعَزِيْزِ بْنِ رَفِيْعٍ قَالَ كَانَ أُبَيُّ بْنُ كَعْبٍ يُصَلِّيْ بِالنَّاسِ فِيْ رَمَضَانَ بِالْمَدِيْنَةِ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً وَيُوْتِرُ بِثَلَاثٍ.
“Dari Chasan Abdul Aziz bin Rafi’, dia berkata “Ubay bin Ka’ab shalat dengan orang lain pada bulan Ramadlan (bertarawih) di Madinah sebanyak 20 rakaat dan berwitir dengan 3 rakaat”.[12]
عَنِ الْحَارِثِ أَنَّهُ كَانَ يَؤُمُّ النَّاسَ فِيْ رَمَضَانَ بِاللَّيْلِ بِعِشْرِيْنَ رَكْعَةً وَيُوْتِرُ بِثَلَاثٍ
“Dari Charis, sesungguhnya dia menjadi imam pada malam bulan Ramadlan dengan 20 rakaat dan berwitir dengan 3 rakaat”.[13]
عَنْ وَقَاءٍ قَالَ كَانَ سَعِيْدُ بْنُ جُبَيْرٍ يَؤُمُّنَا فِيْ رَمَضَانَ فَيُصَلِّيْ بِنَا عِشْرِيْنَ
“Dari Waqa’, Said bin Jabir menjadi imam kami pada bulan Ramadlan dan shalat dengan 20 rakaat”.[14]
وَرَوَى الْبَيْهَقِيُّ وَغَيْرُهُ بِإِسْنَادٍ صَحِيْحٍ أَنَّهُمْ كَانُوْا يَقُوْمُوْنَ عَلٰى عَهْدِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ t فِي شَهْرِ رَمَضَانَ بِعِشْرِينَ رَكْعَةً
“Imam Baihaqi dan lainnya meriwayatkan dengan sanad yang shahih, sesungguhnya umat Islam pada masa Umar bin Khatthab bertarawih pada bulan Ramadlan dengan 20 rakaat”.[15]
Rakaat Tarawih Menurut Madzhab
وَعَنْ مَالِكٍ أَنَّهَا سِتٌّ وَثَلَاثُوْنَ رَكْعَةً لِفِعْلِ أَهْلِ الْمَدِيْنَةِ وَرَوَى مَالِكٌ فِي الْمُوَطَّإِ بِثَلَاثٍ وَعِشْرِيْنَ
“Imam Baihaqi dan lainnya meriwayatkan dengan sanad yang shahih, sesungguhnya umat Islam pada masa Umar bin Khatthab bertarawih pada bulan Ramadlan dengan 23 rakaat”.[16]
قَالَ الشَّافِعِيُّ وَهٰكَذَا أَدْرَكْتُ بِبَلَدِنَا بِمَكَّةَ يُصَلُّوْنَ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً
“Imam Syafi’i berkata “Beginilah yang saya temukan di Makkah, mereka shalat 20 rakaat”.[17]
صَلَاةُ التَّرَاوِيْحِ عِشْرُوْنَ رَكْعَةً بِعَشْرِ تَسْلِيْمَاتٍ وَبِهِ قَالَ أَبُوْ حَنِيْفَةَ وَأَحْمَدُ
“Shalat Tarawih adalah 20 rakaat dengan 10 kali salam. Begitulah kata Imam Chanafi dan Imam Hambali”.[18]
وَإِنَّمَا لَمْ يَخْرُجْ ﷺ عَلَى الْوَلَاءِ رِفْقًا بِهِمْ وَكَانَ يُصَلِّيْ بِهِمْ ثَمَانِيَ رَكَعَاتٍ لَكِنْ كَانَ يُكْمِلُهَا عِشْرِيْنَ فِي بَيْتِهِ وَكَانَتِ الصَّحَابَةُ تُكْمِلُهَا كَذٰلِكَ فِيْ بُيُوْتِهِمْ، وَإِنَّمَا لَمْ يُكْمِلْ بِهِمُ الْعِشْرِيْنَ فِي الْمَسْجِدِ شَفَقَةً عَلَيْهِمْ .
“Sungguh pasti, Rasulullah tidak keluar secara terus menerus karena kasihan kepada umat Islam. Dan beliau melakukan shalat dengan umat Islam sebanyak 8 rakaat tetapi beliau menyempurnakannya 20 di rumah, begitu pula para sahabat menyempurnakannya di rumah. Beliau tidak menyempurnakan 20 rakaat di masjid karena kasihan kepada umat Islam”.[19]
وَتَعْيِيْنُ كَوْنِهَا عِشْرِيْنَ جَاءَ فِيْ حَدِيْثٍ ضَعِيْفٍ لَكِنْ أَجْمَعَ عَلَيْهِ الصَّحَابَةُ رِضْوَانُ اللهِ تَعَالٰى عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ
“Ketentuan adanya rakaat Tarawih sebanyak 20 adalah hadits dlai’f tetapi keseluruhan para sahabat menyepakatinya”.[20]
[1] Tuchfah al-Muchtâj fî Syarh al-Minhâj, VII/328. Nihâyah al-Muchtâj fî Syarh al-Minhâj, V/362. Chawâsyay asy-Syarwânî wa al-‘Ubbâdî, II/240
[2]Shahih Bukhari, III/459/876 dan IV/260/1061. Shahih Muslim, IV/148-149/1270-1271. Musnad Ahmad, XXXXXI/351/24194 dan 426/24274. Shahih Ibnu Hibban, II/64-66/2593-2594. Shahih Ibnu Chuzaimah, VIII/137/2021. Sunan Abu Dawud, IV/137/1166. Sunan Nasai, VII/375/2164
[3] Shahih Bukhari, VII/134. Shahih Muslim, IV/145. Muwatthau Malik, I/338
[4]Shahîh al-Bukhâri, VII/135/1871. As-Sunan al-Kubrâ li al-Baihaqi, II/493. Syu’ab al-Imân li al-Baihaqi, VII/271/3122. Muwattha’u Mâlik, I/340/231
[5] Mushannaf Abî Syaibah, II/286/227. Al-Mathâlib al-‘Âliyyah li al-Châfidz Ibni Chajar al-‘Asqalanî, II/282/624. Syarchu Ibni Bathâl, V/154/81. At-Tamhîd Limâ Fi al-Muwathha’ Min al-Ma’ânî Wa al-Asânid, Abu ‘Amr Yusuf bin Abdillah bin Muhammad bin Abdil Barri al-Qurthubi, VIII/115
[6] Muwattha’ Mâlik, I/342/254. Tanwîr al-Chawâlik, Abdurrahman bin Abu Bakar as-Suyuthi, I/122/254. Nasbu ar-Râyah, Jamaluddin Abu Muhammad Abdillah bin Yusuf az-Zayla’i, II/154. Ma’rifah as-Sunan Wa al-Âtsar li al-Baihaqi, IV/207/1443
[7] As-Sunan As-Shaghîr li al-Baihaqi, II/258/648. Ma’rifah as-Sunan Wa al-Âtsar li al-Baihaqi, IV/207/1443. Tuchfah al-Achwadzî bi Syarchi Jâmi’i at-Turmudzi, II/349/734
[8] Sunan Turmudzi, III/299
[9] Mushannaf Abî Syaibah, II/285/227. Tuchfah al-Achwadzî bi Syarchi Jâmi’i at-Turmudzi, II/349/734. At-Tamhîd Limâ Fi al-Muwathha’ Min al-Ma’ânî Wa al-Asânid, Abu ‘Amr Yusuf bin Abdillah bin Muhammad bin Abdil Barri al-Qurthubi, VIII/115
[10] Mushannaf Abi Syaibah, II/285. Tuchfah al-Achwadzî bi Syarchi Jâmi’i at-Turmudzi, II/349/734
[11] Mushannaf Abi Syaibah, II/285
[12] Mushannaf Abi Syaibah, II/285
[13] Mushannaf Abi Syaibah, II/285
[14] Mushannaf Abi Syaibah, II/285
[15] Al-Majmu’, III/33. Asna al-Mathalib, III/188. I’anah at-Thalibin, I/306
[16] Al-Majmu’, III/32. Asna al-Mathalib, III/188. I’anah at-Thalibin, I/306. Syarh Wajiz, IV/264
[17] Sunan Turmudzi, III/734. Al-Majmu’, III/33
[18] Syarh Wajiz, IV/264. Al-Majmu’, III/33
[19] Tuchfah al-Muchtaj fi Syarh al-Minhaj, VII/330
[20] Syarwani, II/240
0 comments:
Posting Komentar