...

BID’AH ?

Leave a Comment
مَا رَآَهُ الْمُسْلِمُوْنَ حَسَنًا فَهُوَ عِنْدَ اللهِ حَسَنٌ وَ مَا رَآَهُ الْمُسْلِمُوْنَ سَيِّئاً فَهُوَ عِنْدَ اللهِ سَيِّئٌ
“Apa yang dianggap baik oleh kaum muslimin, maka itu menurut Allah baik, dan apa yang dianggap jelek oleh kaum muslimin, maka itu menurut Allah jelek”
Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad (no.3418), al-Hakim (no 4439), at- Thabarâni, al-Baihaqi dan lain-lain. Hadits ini tidak marfu’ sampai Nabi tetapi mauquf sampai shahabat Abdullah bin Mas’ud dengan sanad shahih menurut al-Hakim.
Hadits ini dalam kitab-kitab ushul fiqh dijadikan salah satu dalil ijma’ (konsensus ulama mujtahidin) dan dalam kitab-kitab kaidah fiqh dijadikan dalil dalam kaidah al-‘Adah Muhakkamah. Hadits ini marfu' sampai Rasulullah sehingga dapat dijadikan hujjah (dalil) untuk mentakhsish keumuman hadits tentang semua bid'ah adalah sesat.
Sehingga sudah tepat bagi ulama yang menetapkan hadits di atas sebagai dalil adanya bid'ah hasanah (bid'ah yang tidak dilarang dalam agama). Andai hadits di atas tidak bisa diterima sebagai dalil, maka masih ada dalil lain yang dijadikan ulama sebagai pijakan tentang bid'ah hasanah seperti yang akan diterangkan, insya Allah.
As-Syafi'i mengatakan, "Setiap perkara baru yang bertentangan dengan Al Quran, as-Sunnah, Ijma' dan atsar (ucapan para shahabat) adalah bid'ah yang jelek, dan jika tidak bertentangan dengan dasar-dasar tersebut, maka dikatakan bid'ah mahmudah (baik)”.
Menurut Sayyid Muhammad dalam al-Mafahim, bahwa tidak semua dalil baik al Qur'an atau hadits langsung dapat difahami mentah tanpa adanya pemahaman mendalam yang benar dan tahqiq. Diantaranya adalah hadits:
كُلُّ بــِدْعَةٍ ضَلاَلةٌ
“Semua bid’ah adalah sesat”
Hadits ini harus difahami bahwa yang dimaksud adalah bid’ah jelek saja dengan tanpa memasukkan bid’ah hasanah (yang baik), karena kata kullu tidak berarti mencakup terhadap keseluruhan. Seperti QS. Al-Anbiya', 30:
"Dan Kami telah menjadikan setiap sesuatu yang hidup dari air "
Bukan berarti ayat tersebut difahami bahwa semua makhluk hidup dijadikan oleh Allah dari air, karena makhluk jin dijadikan dari api. Seperti QS. Ar-Rahman, 15:
“Dan Dia menciptakan jin dari nyala api”
Serta firman Allah:
”Adapun bahtera itu adalah kepunyaan orang-orang miskin yang bekerja di laut, dan Aku bertujuan merusakkan bahtera itu, Karena di hadapan mereka ada seorang raja yang merampas tiap-tiap bahtera”. (QS. Al Kahfi; 79)
Hal yang semacam ini tampaknya tidak difahami oleh orang yang tidak faham tentang bid’ah tetapi merasa sangat faham tentang bid’ah, sehingga dengan mudah menilai salah dan hina ulama yang membagi hukum-hukum bid'ah.
Memang, sebenarnya masalah tentang ada dan tidaknya istilah bid’ah hasanah, kalangan ulama ahlussunnah masih berselisih dan semua mempunyai hujjah-hujjah yang kuat meski perbedaan tersebut hanya secara lafadz atau istilah saja. As-Syathibi yang menginkari terhadap adanya istilah bid'ah hasanah berpendapat bahwa bid’ah hasanah tidak dinamakan bid'ah, karena dalil yang ada menunjukkan keumuman bahwa semua bid'ah adalah dhalalah, dan as-Syathibi tetap memperbolehkan melakukan hal-hal yang dianggap bid'ah hasanah karena adanya dalil secara umum yaitu al mashalih al mursalah yang meskipun masih diperselisihkan oleh para pakar ahli ushul fiqh. Oleh karena itu alangkah lebih bijaknya jika masalah ini didudukkan sebagai masalah khilafiyyah ijtihadiyyah, sehingga mulut kita tidak dengan enteng menyalahkan ulama yang lain, karena selain masalah ini adalah ijtihadiyyah, juga penilaian buruk kepada ulama Islam dengan tidak beradab bukanlah sifat dan jiwa as-salaf as-shalih.
Diantara ulama yang mengatakan adanya bid’ah hasanah adalah as-Syafi'i, Ibnu Hajar al-Asqalani, Izziddin bin Abdis Salam, an-Nawawi, as-Suyuthi, al-Qarafi, al-Ghazali, Ibnu Hajar al-Haitami, Abu Syamah dan ulama-ulama yang lain.
Sebagian ulama juga ada yang membagi bid'ah menjadi dua, yaitu bid'ah syar'iyyah dan bid'ah lughawiyyah. Jika bid'ah syar'iyyah semua dlalalah, sedangkan bid'ah lughawiyyah dibagi menjadi dua, yaitu hasanah (baik) dan madzmumah (tercela).
Dalil yang digunakan dalam menentukan adanya bid’ah hasanah adalah:
1.      Perkataan Sayyidina Umar saat membuat tarawih berjamaah, "Ini adalah peling ni'matnya bid'ah "
2.      Pengumpulan Al Quran pada zaman khalifah Abu Bakar bersama Umar dan Zaid bin Tsabit. Saat Zaid mendapat mandat untuk mengumpulkan Al Quran, beliau mengatakan kepada Abu Bakar, "Bagaimana mungkin engkau melakukan sesuatu yang tidak pernah dilakukan oleh Rasulallah?".
3.      Sabda Rasulullah:
مَنْ سَنَّ سُنَّةً حَسَنَةً كَانَ لَهُ أَجْرُهَا وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بــِهَا إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ
“Siapa saja yang membuat perilaku baik, maka dia mendapatkan pahala dari perilaku tersebut dan pahala orang-orang yang melakukannya sampai hari kiamat”





 sumber:  Ali Maghfur Syadzili










0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.