...

Bab Shalat Lima Waktu

Leave a Comment
وَالْبَيْهَقِيُّ عَنْ أَنَسٍ: {مَا مِنْ حَافِظَيْنِ يَرْفَعَانِ إِلَى اللهِ تَعَالٰى بَصَلَاةِ رَجُلٍ مَعَ صلاةٍ إِلَّا قَالَ اللهُ تَعَالٰى: أُشْهِدُكُمَا أَنِّيْ قَدْ غَفَرْتُ لِعَبْدِيْ مَا بَيْنَهُمَا}
Imam Baihaqi meriwayatkan dari sahabat Anas: (Nabi bersabda:) “Tidaklah dari dua malaikat penjaga amal yang melaporkan kepada Allah tentang shalat seseorang sampai shalat yang brrikutnya kecuali Allah berfirman: “Aku bersaksi pada kalian berdua bahwa Aku telah mengampuni dosa hamba-Ku yang ada diantara dua shalat itu”.
 وَفِيْ كِتَابِ الزَّوَاجِرِ لِشَيْخِنَا خَاتِمَةِ الْمُحَقِّقِيْنَ أَحْمَدَ بْنِ حَجَرٍ الْهَيْتَمِيِّ t قَالَ بَعْضُهُمْ: وَرَدَ فِيْ حَدِيْثٍ: {مَنْ حَافَظَ عَلَى الصَّلَاةِ أَكْرَمَهُ اللهُ بِخَمْسِ خِصَالٍ يَرْفَعُ عَنْهُ ضِيْقَ العَيْشِ، وَعَذَابَ القَبْرِ، وَيُعْطِيْهِ اللهُ كِتَابَهُ بِيَمِيْنِهِ ويَمُرُّ عَلَى الصِّرَاطِ كَالبَرقِ، وَيَدَخُلُ الجَنَّةَ بِغَيْرِ حِسَابٍ.
Dalam kitab Az Zawajir karya Guru kita penutup ulama Muhaqqiqin yakni Imam Ibnu Hajar Al Haitami t, sebagian dri para sahabat berkata: “Dalam sebuah hadits dinyatakan: “Barangsiapa dapat menjaga shalat maka Allah akan memulyakannya dengan lima hal, yakni menghilangkan kesulitan mencari nafkah, menghilangkan siksa kubur, Allah akan memberi buku catatan amalnya dengan tangan kanan, dia akan berjalan di Shirathal Mustaqim laksana kilat yang menyambar, dan dia akan masuk surga tanpa hisab”.
وَمَنْ تَهَاوَنَ عَنِ الصَّلَاةِ عَاقَبَهُ اللهُ بِخَمْسَةَ عَشَرَةَ عُقُوْبَةً سِتَّةٌ فِي الدُّنْيَا وثَلاثَةٌ عِنْدَ المَوْتِ، وَثَلاثَةٌ فَي قَبْرِهِ، وَثَلاثَةٌ عِنْدَ خرُوجِهِ مِنَ القَبْرِ. 
“Dan barangsiapa meremehkan shalat maka Allah akan menyiksanya dengan 15 siksaan. 6 Di dunia, 3 saat kematian, 3 di dalam kubur, dan 3 lagi ketika keluar dari kubur”.
فَأَمَّا اللَّوَاتِيْ فِي الدُّنْيَا: فَالْأُوْلٰى يَنْزِعُ الْبَرَكَةَ مِنْ عُمْرِهِ، وَالثَّانِيَةُ يُمْحِيْ سِيْمَا الصَّالِحِيْنَ مِنْ وجْهِهِ، وَالثَّالِثَةُ كُلُّ عَمَلٍ يَعْمَلُهُ لَا يَأَجُرُهُ اللهُ عَلَيْهِ، وَالرَّابِعَةُ لَا يُرْفَعُ لَهُ دُعَاءٌ إِلَى السَّمَاءِ، وَالْخَامِسَةُ لَيْسَ لَهُ حَظٌّ فِيْ دُعَاءِ الصَّالِحِيْنَ. وَالسَّادِسَةُ يُبْغِضُ إِلَى النَّاسِ.
6 siksa di dunia adalah: (1) Dihilangkan berkah umurnya, (2) Dihilangkan tanda-tanda orang shalih dari wajahnya, (3) Setiap amal yang dilakukan tidak diberi pahala oleh Allah, (4) Doanya tidak terangkat ke langit, (5) Dia tidak mendapatkan bagian pada doa orang-orang yang shalih, dan (6) Allah memberikan kebencian di hadapan manusia”

Penulis       : KH. M. Ali Maghfur Syadzili Iskandar, S.Pd.I,.
Pengajian   : Kitab Irsyadul 'Ibad



0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.