...

Bab Shalat Lima Waktu Iv

Leave a Comment
وَابْنُ أَبِى شَيْبَةَ وَالْبُخَارِيُّ فِيْ تَارِيْخِهِ مَوْقُوْفًا عَلٰى عَلِيٍّ h قَالَ: مَنْ لَمْ يُصَلِّ فَهُوَ كَافِرٌ. 
Ibnu Abi syaibah dan Imam Bukhari dalam kitab tarikhnya meriwayatkan hadits yang mauquf pada sahabat Ali t: Barangsiapa yang tidak shalat maka ia adalah kafir.

وَمُحَمَّدُ بْنُ نَصْرٍ وَابْنُ عَبْدِ الْبَرِّ مَوْقُوْفًا عَلٰى ابْنِ عَبَّاسٍ: مَنْ تَرَكَ الصَّلَاةَ فَقَدْ كَفَرَ.  
Muhammad bin Nashr dan Ibnu Abdil Bar meriwayatkan hadits yang mauquf pada sahabat Ibnu Abbas: “Barangsiapa meninggalkan shalat maka sungguh ia adalah kafir”.

وَابْنُ عَبْدِ الْبَرِّ مَوْقُوْفًا عَلٰى جَابِرٍ: مَنْ لَمْ يُصَلِّ فَهُوَ كَافِرٌ.
 Ibnu Abdil Bar meriwayatkan hadits yang mauquf pada sahabat Jabir: Barangsiapa yang tidak shalat maka ia adalah kafir.

وَقَالَ مُحَمَّدُ بْنُ نَصْرٍ: سَمِعْتُ إِسْحَاقَ بْنَ رَاهَوَيْهِ يَقُوْلُ: صَحَّ عَنِ النَّبِيِّ: أَنَّ تَارِكَ الصَّلَاةِ كَافِرٌ. 
Muhammad bin Nashr berkata pernah mendengar Ishaq bin Rahawaih berkata: shahih dari Nabi bahwa orang yang meninggalkan shalat adalah kafir”.

وَقَالَ ابْنُ حَزْمٍ: قَدْ جَاءَ عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ h: أَنَّ مَنْ تَرَكَ صَلَاةً وَاحِدَةً حَتّٰى يَخْرُجَ وَقْتُهَا فَهُوَ كَافِرٌ مُرْتَدٌّ.
 Ibnu Hazm berkata: “Sungguh telah diriwayatkan dari sahabat Umar bin Khatthab t: Barangsiapa meninggalkan satu shalat sampai keluar waktunya maka ia adalah kafir.

  (تَنْبِيْهٌ) قَالَ جَمَاعَةٌ مِنَ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَمَنْ بَعْدَهُمْ بِكُفْرِ تَارِكِ الصَّلَاةِ وَإِبَاحَةِ دَمِهِ، مِنْهُمْ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ وَابْنُ عَبَّاسٍ وَابْنُ مَسْعُوْدٍ وَعَبْدُ الرَّحْمٰنِ بْنُ عَوْفٍ وَمُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ وَأَبُوْ هُرَيْرَةَ وَأَبُوْ الدَّرْدَاءِ وَجَابِرُ بْنُ عَبْدِ اللهِ j. 
(Peringatan:) Segolongan sahabat, tabi’in dan ulama setelahnya menyatakan tentang kafirnya orang yang meninggalkan shalat dan halal darahnya; diantara para sahabat (yang menyatakan demikian) adalah: Umar bin Khatthab, Ibnu Abbas, Ibnu Mas’ud, Abdur Rahman bin ‘Auf, Mu’adz bin Jabal, Abu Hurairah, Abu Dardadan Jabir bin Abdillah j.


وَمِنْ غَيْرِ الصَّحَابَةِ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ وَإِسْحَاقُ بْنُ رَاهَوَيْهِ وَعَبْدُ اللهِ بْنُ الْمُبَارَكِ وَالنَّخَعِيُّ وَالْحَاكِمُ وَابْنُ عُيَيْنَةَ وَأَيُّوْبُ السُّخْتِيَانِيُّ وَأَبُوْ دَاوُدَ وَالطَّيَالِسِيُّ وَأَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِى شَيْبَةَ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَابْنُ حَبِيْبٍ وَغَيْرُهُمْ.  
Dan selain sahabat (yang menyatakan demikian) adalah: Ahmad bin Hanbal, Ishaq bin Rahawaih, Abdullah bin Mubarak, An Nakha’i, Hakim, IbnuUyainah, Ayyub As Sukhtiyani, Abu Dawud, At Thayalisi, Abu Bakar bin Abi Syaibah, Zuhair bin Harb, Ibnu Hubaib, dan lainnya.

وَقَالَ الشَّافِعِيُّ h وَآخَرُوْنَ: إِنَّ تَارِكَ الصَّلَاةِ يَكْفُرُ إِنِ اسْتَحَلَّ التَّرْكَ أَوْ جَحَدَ الْوُجُوْبَ، وَإِلَّا يُقْتَلُ بِتَرْكِ أَدَاءِ صَلَاةٍ وَاحِدَةٍ حَتّٰى يَخْرُجَ وَقْتُ الْجَمْعِ بِضَرْبِ عُنُقِهِ بِال
Imam Syafi’i dan ulama yang lain menyatakan bahwa orang yang meninggalkan shalat dikatakan kafir apabila menghalalkan meninggalkan shalat atau menentang terhadap kewajiban shalat. Jika tidak demikian maka dia boleh dibunuh karena meninggalkan satu shalat fardlu sampai keluar dari waktu jama’ dengan cara ditebas lehernya dengan pedang jika tidak mau bertaubat setelah dianjurkan bertaubat seperti orang yang meninggalkan shalat.

وَقِيْلَ: يُضْرَبُ بِالْعَصَا. وَقِيْلَ: يُنْخَسُ بِحَدِيْدٍ إِلٰى أَنْ يُصَلِّيَ أَوْ يَمُوْتَ. 
سَّيْفِ إِنْ لَمْ يَتُبْ بَعْدَ اسْتِتَابَتِهِ، كَتَارِكِ الصَّلَاةِ.  
  Pendapat lain menyatakan dipukul dengan tongkat. Menurut pendapat yang lain lagi disengat dengan besi yang membara sampai dia mau melakukan shalat atau sampai ia meninggal.

وَقَالَ الْغَزَالِيُّ: لَوْ زَعَمَ زَاعِمٌ أَنَّ بَيْنَهُ وَبَيْنَ اللهِ حَالَةٌ أَسْقَطَتْ عَنْهُ الصَّلَاة، فَلَا شَكَّ فِيْ وُجُوْبِ قَتْلِهِ، وَقَتْلُ مِثْلِهِ أَفْضَلُ مِنْ قَتْلِ مِائَةِ كَافِرٍ.
 Imam Ghazali berpendapat: Jika seseorang menyangka bahwa antara dia dan Allah ada sesuatu yang dapat menggugurkannya dari kewajiban shalat maka tidak diragukan lagi tentang kewajiban membunuhnya. Dan membunuh orang yang demikian lebih utama daripada membunuh seratus orang kafir.

وَقَالَ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ: لَا يَصِحُّ نِكَاحُ تَارِكَةِ الصَّلَاةِ، وَلٰكِنْ فِيْ مَذْهَبِنَا أَنَّ نِكَاحَ الذَّمِيَّةِ أَوْلٰى مِنْ نِكَاحِ تَارِكَتِهَا.
Imam Ahmad bin Hanbal mengatakan: tidak sah menikahi wanita yang meninggalkan shalat; namun dalam madzhab kita (Syafi’i) menikahi wanita yang tercela masih lebih utama daripada menikahi wanita yang meninggalkan shalat.
 

Penulis       : KH. M. Ali Maghfur Syadzili Iskandar, S.Pd.I,.
Pengajian   : Kitab Irsyadul 'Ibad



  



0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.