...

Pondok Pesantren Manbaul Falah Surabaya

Leave a Comment
Manbaul falah surabaya
Dimulai sejak tahun 2002 KH. M. Ali Maghfur Syadzili Iskandar (putra dari alm. KH. Sadzili Iskandar banyuwangi) mengajak beberapa remaja di daerah rungkut Menanggal Surabaya untuk belajar mengaji kitab kuning. Kemudian dipercaya masyarakat untuk mengasuh juga anak-anak di sekitar dalam belajar membaca dan menulis Al Qur'an. Sekarang bertambah kukuh dengan izin resmi berdiri Pondok Pesantren Manba'ul Falah dengan komponen Madrasah Diniyah dan Taman Pendidikan Al Qur'an di dalamnya.
Pengajian awalnya hanya di rumah pengasuh sendiri tapi karena banyaknya santri yang belajar. dan jasa para donatur khususnya Ibu Sa'wana yang mewaqofkan tanahnya, maka Pondok Pesantren Manba'ul Falah telah memiliki gedung yang digunakan dalam kegiatan sehari-harinya. Pembangunan Terus berlanjut dengan diasuh KH. Ali Maghfur dan Ust. Muhammad Qosim sebagai ketua pengurus Pondok dengan dibantu para santri, wali santri, warga sekitar dan para donatur.
Nama Manba'ul Falah sendiri menurut keterangan pengasuh berasal dari nama "PP. Al Falah" Ploso kediri tempat beliau menimba ilmu dan "PP. Manba'ul Ulum" Muncar Banyuwangi yang didirikan oleh kakek beliau KH. Askandar.
Santri dari PP. Manbaul Falah juga sangat beragam mulai dari anak TK, SD, SMP, Mahasiswa sampai yang sudah bekerja juga ada dan santri yang tinggal di kamar-kamar pondokpun telah ada. Kegiatan mengaji cukup beragam, mulai pengajian Al Qur'an, Diniyah kitab-kitab kuning, juga dasar-dasar memahami Al Qur'an (nahwu shorof dll), pengajian dewasa serta ibu-ibu. Semoga Ilmu yang ada di Pondok Bermanfaat di dunia dan akhirat. Amin

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.